Bisakah Atasi Katarak dengan Obat Alami Tanpa Operasi?

Atasi Katarak

Daftar Isi

Atasi Katarak dengan Obat Alami – Berbagai bahan alami sering kali diklaim dapat menyembuhkan katarak. Apakah klaim ini benar? Mari kita bahas secara lengkap.

Banyak orang lebih memilih pengobatan katarak dengan bahan-bahan alami. Keputusan ini sering kali dipengaruhi oleh berbagai alasan, termasuk rasa takut terhadap operasi.

Namun, apakah benar ada obat alami untuk katarak yang bisa mengembalikan penglihatan seperti semula? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

Bahan Alami yang Dapat Mengatasi Katarak

Katarak terjadi akibat perubahan struktur protein di dalam mata, menyebabkan lensa menjadi keruh dan mengganggu penglihatan. Pada tahap awal, gejala katarak mungkin tidak terasa dan seringkali bisa diatasi dengan penggunaan kacamata.

Namun, ketika katarak sudah bertambah buruk, penglihatan biasanya hanya bisa dipulihkan melalui operasi. Beberapa orang, meskipun demikian, lebih memilih metode pengobatan tradisional dengan memanfaatkan bahan alami yang tersedia di sekitar mereka.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat katarak alami:

1. Buah Bilberry

Buah bilberry mungkin masih asing bagi sebagian besar orang Indonesia. Bentuknya mirip dengan blueberry, tetapi keduanya berbeda.

Bilberry berasal dari Eropa, sedangkan blueberry berasal dari Amerika Utara.

Buah yang memiliki nama latin Vaccinium myrtillus L ini diyakini dapat mengobati gangguan aliran darah dan masalah mata yang disebabkan oleh hipertensi atau diabetes.

Bilberry mengandung berbagai zat fenolik, termasuk flavonoid, tannin, ellagitannins, asam fenolat, dan antosianin. Zat-zat ini dikenal memiliki efek antioksidan yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mata.

Bilberry memiliki potensi untuk meningkatkan ketajaman penglihatan, termasuk pada malam hari, serta mencegah katarak, degenerasi makula, dan glaukoma.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Medical Food, buah bilberry kaya akan senyawa antioksidan yang disebut antosianin.

Antosianin dapat membantu menjaga aliran dan tekanan darah di mata. Selain itu, antioksidan ini juga bisa mencegah dan mengurangi kerusakan mata akibat radikal bebas.

2. Sambiloto

Sambiloto (Andrographis paniculata) merupakan tanaman obat yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Senyawa aktif utama dalam sambiloto, alkaloid andrografolid, memiliki berbagai manfaat potensial untuk kesehatan, termasuk untuk katarak.

  • Anti-inflamasi: Sambiloto mampu meredakan peradangan, yang berperan penting dalam perkembangan katarak.
  • Anti-infeksi: Sambiloto memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu melawan infeksi yang dapat memperburuk katarak.
  • Antihistamin: Sambiloto dapat membantu mengurangi alergi, yang merupakan salah satu faktor risiko katarak.
  • Antioksidan: Sambiloto mengandung antioksidan yang dapat melindungi lensa mata dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan katarak.

Dampak Kecanduan Gadget Terhadap Kesehatan Mata

Produk Herbal yang Mengandung Bilberry dan Sambiloto:

biosefit2

Bioseefit: Mengandung ekstrak buah bilberry dan sambiloto, diklaim memperkuat otot saraf retina, meningkatkan ketajaman penglihatan, dan memiliki sifat anti-inflamasi, anti-infeksi, dan antibakteri.

Manfaat Bioseefit

Kombinasi ekstrak bilberry dan sambiloto dalam Bioseefit memberikan beberapa manfaat signifikan untuk kesehatan mata:

  • Memperkuat Otot Saraf Retina: Bioseefit diklaim dapat memperkuat otot saraf retina, membantu mempertahankan fungsi penglihatan yang optimal.
  • Meningkatkan Ketajaman Penglihatan: Penggunaan rutin Bioseefit dapat meningkatkan ketajaman penglihatan, membuat mata lebih tajam dalam melihat detail, terutama di kondisi cahaya rendah.
  • Sifat Anti-inflamasi dan Anti-infeksi: Sifat anti-inflamasi dan anti-infeksi dari sambiloto dalam Bioseefit membantu mengurangi risiko peradangan dan infeksi pada mata, menjaga mata tetap sehat dan bebas dari gangguan.
  • Sifat Antibakteri: Kandungan antibakteri dalam Bioseefit membantu melindungi mata dari infeksi bakteri yang bisa memperburuk kondisi mata.
  • Mencegah Katarak: Bioseefit diklaim dapat membantu mencegah katarak, yaitu kondisi lensa mata yang keruh. Kandungan antioksidan dalam bilberry dan sambiloto membantu melindungi lensa mata dari kerusakan akibat radikal bebas, yang merupakan salah satu faktor penyebab katarak.

Bisakah Atasi Katarak Tanpa Operasi?

Penanganan katarak bergantung pada tingkat keparahannya. Pada tahap awal atau katarak ringan, penggunaan obat-obatan herbal dapat membantu mencegah katarak memburuk. Namun, jika katarak sudah berkembang hingga seluruh lensa menjadi keruh, operasi diperlukan untuk mengganti lensa yang terkena. Perawatan alami, seperti menjaga kesehatan mata, dapat membantu mencegah katarak berkembang lebih lanjut, tetapi tidak dapat sepenuhnya menyembuhkan katarak yang sudah parah. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter “Konsultasi Dokter untuk menentukan penanganan yang paling tepat.

Sumber atau Referensi:
Bagikan Artikel

Ingin Konsultasi secara Online ?

Dokter kami siap membantu masalah kesehatan Anda.

Scroll to Top