Intip Isi Piringku Edisi Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

Daftar Isi

Pemilihan menu isi piringku untuk sahur yang baik ternyata bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Menurut Ahli Gizi , mengonsumsi jenis makanan tertentu dapat berpengaruh pada tubuh kita selama seharian penuh. Hal ini tentu penting diperhatikan, tak hanya agar lebih kuat puasa seharian juga agar tetap nyaman beraktivitas.

Tips Sehat Sahur Agar Kuat Puasa

Menurut Ahli Gizi , kita perlu memperhatikan asupan makanan tinggi serat agar dapat menjaga tubuh dapat kenyang dalam waktu yang lama. Selain itu, hindari makanan yang terlalu asin atau tinggi garam karena dapat mempercepat pengeluaran cairan dari dalam tubuh sehingga dapat memicu dehidrasi selama berpuasa. Penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk mendukung daya tahan tubuh dan agar dapat beraktivitas dengan bugar sepanjang hari.

Itu sebabnya, kita tidak dianjurkan untuk makan sembarangan dan perlu memperhatikan menu sahur agar kuat puasa seharian. Berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi anjuran dalam menyiapkan menu sehat sahur agar kuat puasa:

1. Cukupi asupan cairan

Saat makan sahur, pastikan kita mendapat asupan cairan yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi meski nantinya akan berpuasa seharian. Kita bisa bangun sahur lebih awal dan meminum air putih sebanyak 1 gelas. Selanjutnya, makan sahur sewajarnya dan jangan lupa untuk kembali mengonsumsi 1 gelas air lagi.
Jika kamu termasuk tipe yang susah minum air putih, coba akali dengan mengonsumsi sari buah, jus, atau mengganti salah satu lauk dengan sup sayuran atau masakan berkuah lainnya. Cara-cara tersebut bisa jadi solusi untuk memenuhi cairan tubuh agar tidak dehidrasi nanti saat sedang berpuasa.

2. Konsumsi karbohidrat kompleks dan sehat

Saat sahur, konsumsilah makanan yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama. Selain makanan tinggi serat yang tadi sudah disebutkan karena dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan, Ahli Gizi  juga menganjurkan kamu untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks. Untuk menu sahur sehat, kamu bisa coba konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sekaligus tinggi serat, yaitu nasi merah dan roti gandum.

3. Komposisi nutrisi

Saat menyiapkan menu makan sahur, jangan lupa untuk memperhatikan komposisi nutrisi. Itu artinya, menu sahur akan lebih baik jika meliputi makanan yang memenuhi semua vitamin, mineral dan zat gizi lainnya. Jadi, selain nasi, buah-buahan, dan sayuran, jangan lupa untuk memasukkan menu yang mengandung protein, seperti daging, tahu, tempe, dan susu saat sahur.

Rekomendasi Ahli Gizi untuk Isi Piringku Saat Sahur Agar Kuat Puasa

Ahli Gizi menganjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalori sebanyak 600-700 kkal saat sahur di bulan Ramadan. Berikut pembagiannya di dalam menu Isi Piringku:

 

1. Makanan pokok

Makanan pokok ini bisa berupa nasi atau makanan pengganti nasi dan sebanyak 150 gram.
Jumlah ini setara dengan 3 centong nasi atau 3 buah kentang ukuran sedang atau 1 ½ gelas mie kering.

2. Sayuran

Penuhi kebutuhanmu akan serat dengan mengonsumsi sayuran sebanyak 150 gram atau setara dengan 1 mangkok sedang

3. Protein

Lauk sehat untuk makan sahur agar kuat puasa seharian bisa terdiri dari dua macam, yaitu:
– Lauk hewani
Pilih di antara beberapa lauk sehat yang mudah kamu siapkan di saat sahur, yaitu 75 gram ikan kembung setara dengan 1 ekor, atau 1 butir telur ayam, atau 2 potong sedang daging ayam tanpa kulit.
– Lauk nabati
Jika kamu vegetarian atau tidak mengonsumsi protein hewani, kamu bisa memilih pilihan lauk nabati, seperti 100 gram tahu/tempe atau 2 potong sedang tahu/tempe.

4. Buah-buahan

Penuhi kebutuhan serat bagi tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan, misalnya 100 gram pepaya atau setara dengan 2 potong sedang pepaya, atau 1 buah kecil pisang ambon.

5. Konsumsi multivitamin atau suplemen penambah energi

Selama bulan Ramadan, kamu dianjurkan oleh Ahli Gizi  untuk mengonsumsi multivitamin atau suplemen penambah energi sehabis makan sahur.

Kini ada  gummy yang mengandung 100% AKG vitamin B kompleks dan 15mg kafein alami dari kopi, setara dengan sepertiga cangkir kopi atau setengah cangkir teh hijau. Satu buah Kafe G gummy bisa membantu tubuhmu menghasilkan energi untuk the extra-mile push yang kamu butuhkan. Kembali fokus, tingkatkan mood, jadi rileks, dan pikiran jernih supaya sisa harimu bisa dijalankan dengan sukses. Rasa kopi dari setiap gigitannya akan otomatis memberimu energi, sehingga langsung semangat dan tetap terjaga, dengan cara yang sehat.

Selain itu, kamu juga bisa #AlamiHebatnya dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Bagikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin Konsultasi secara Online ?

Dokter kami siap membantu masalah kesehatan Anda.

Scroll to Top